Ranperda OPD disetujui menjadi Perda


Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tidore Kepulauan akhirnya menyetujui dan mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kota Tidore Kepulauan, melalui Rapat Paripurna ke-8 Masa Persidangan III Tahun 2016 yang dilaksanakan di gedung DPRD, Kamis (20/10/16).

Lima (5) Fraksi masing-masing Fraksi Partai Demokrat, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Amanat Indonesia Raya, Fraksi Bintang Kebangsaan, Frakasi PDI Perjuangan,  dalam pandangan akhir fraksi menyatakan menerima rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD dengan beberapa catatan, untuk selanjutnya ditetapkan sebagai Peraturan Daerah, sedang Fraksi Nasdem melalui juru bicara Abdullah Naser menolak Ranperda ini dengan catatan bahwa penambahan SKPD menimbulkan penambahan tunjangan jabatan dan penambahan operasional SKPD

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Anas Ali dan dihadiri 22 anggota ini akhirnya diskorsing selama 5 menit sebelum melakukan pengambilan keputusan. Akhirnya pengambilan keputusan DPRD dengan cara Voting dengan 3 anggota yang tidak setuju dan 20 anggota menyetujui untuk dijadikan sebagai perda.

Menurut Ketua DPRD Anas Ali, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa, dalam persfektif pemerintahan daerah ada dua kelembagaan penting yang membentuk pemerintahan daerah yaitu kelembagaan untuk pejabat politik, dalam hal ini kelembagaan Kepala Daerah dan DPRD, serta kelembagaan untuk pejabat karier yang terdiri dari perangkat daerah seperti Dinas, Badan, Kantor, Sekretariat, Kecamatan dan lain-lain, Kedua kelembagaan ini sejatinya merupakan titik focus dalam upaya penataan dan perbaikan sehingga berjalan dalam koridor penyelenggaraan tugas dan fungsi yang ditetapkan, terkait dengan kelembagaan politik, perbaikan seringkali dilakukan pada pola hubungan antara kepala daerah dan DPRD sedangkan kelembagaan untuk birokrasi, focus perhatian diarahkan pada beberapa kelembagaan ini selain menjadi pendukung keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah, disamping juga sebagfai wadah berhimpunnya Negara dalam menjalankan roda pemerintahan serta melaksanakan urusan yang menjadi tugasnya.

Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim menyampaikan bahwa, pembentukan perangkat daerah kota tidore kepulauan disamping mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 juga disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan daerah, juga dilaksanakan dalam rangka optimalisasi kinerja dan siknronisasi program guna meningkatkan pelayanan kepada masayarakat.

Setelah melewati berbagai tahapn, dengan mempertimbangkan factor umum dan teknis dalam pemetaan urusan pemerintahan, maka pemerintah daerah memprioritaskan pelaksanaan urusan pemerintah wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, agar kebutuhan dasar masyarakat dapat terpenuhi secara optimal, disamping juga dibentuk perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan lainnya yang berkaitan dengan pelayanan dasar, dengan mempertimbangkan factor kebutuhan dan kemampuan daerah.

Persetujuan DPRD atas Ranperda ini akan menjadi dasar bagi Pemerintah Daerah dalam menjalankan roda pemerintahan untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah guna menciptakan kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai kota jasa berbasis Agro-marine lanjut Walikota.

Dalam keputusan tersebut, DPRD menerima dan menyetujui Perangkat Daerah Kota Tidore Kepulauan berjumlah 30 Perangkat Daerah yang terdiri dari 1. Sekretariat Daerah, 1 Sekretariat DPRD, 1 Inspektorat Daerah, 21 Dinas Daerah, 4 Badan Daerah, dan 2 Badan yang melaksanakan fungsi penunjang lainnya.

 

Setelah disetujuai dan disahkan oleh DPRD, dilanjutkan dengan penandatanganan sekaligus penyerahan keputusan DPRD oleh Ketua DPRD kepada Walikota yang didampingi unsur pimpinan DPRD dan Wakil Walikota Muhammad Sinen, SE. Rapat ini juga dihadiri oleh beberapa Unsur Muspida, Sekertaris Daerah Ir Thamrin Fabanyo, M.TP, para Asisten dan Staf Ahli, pimpinan SKPD serta Lurah lingkup Kota Tidore Kepulauan

Pesan Warga

  • PKPM NUKU
  • nakir

Twitter DPRD Tidore

Polling

Informasi apa yang paling anda butuhkan dari website ini..??

Berita DPRD
Agenda DPRD
Profil Dprd
Profil Anggota DPRD
Perda / Perancangan Perda

Statistik Web

034390
Pengunjung hari ini : 6
Total pengunjung : 10056
Hits hari ini : 12
Pengunjung Online : 1

Kontak DPRD Tidore

Telepon:(0921) 3161789
Email: humas[at]dprd-tidorekota.go.id
Website: http://dprd-tidorekota.go.id

Jalan Raya Tongowai No.56 Kel. Tongowai Kota Tidore Kepulauan Kode Pos 97851